Jumat, 22 Februari 2013

TIPS FB TIDAK MENGANGGU KERJA


5 Alasan tidak membuka Facebook saat bekerja

Bagi mereka yang bekerja dengan komputer atau internet, godaan membuka situs hiburan atau jejaring sosial seperti Facebook pasti pernah jadi godaan. Jika Anda termasuk orang yang sering tergoda membuka Facebook saat bekerja, sebaiknya hentikan sekarang juga.
Berikut adalah alasan untuk berhenti membuka Facebook saat bekerja, seperti dilansir oleh Inc.com (14/02).

1. Membuat kecanduan
Saat jam kerja, seberapa cepat Anda ingin membuka Facebook? Peneliti di University of Gothenburg di Swedia menemukan bahwa mengakses jejaring sosial adalah hal pertama yang dilakukan oleh 70 persen karyawan setelah menyalakan komputer mereka. Melakukan hal ini juga bisa membuat seseorang kecanduan.

2. Membuat depresi dan mengurangi produktivitas
Penelitian lain yang dilakukan oleh Humboldt University dan Technical University di Jerman menemukan bahwa melihat foto orang lain yang sedang liburan atau mendengar kabar tentang percintaan dan pekerjaan orang lain membuat orang cemburu, iri, kesepian, dan merasa rendah diri. Peneliti juga menemukan bahwa orang yang membuka jejaring sosial dan menemukan hal ini merasa depresi dan tidak bahagia dengan kehidupan mereka. Hal ini tentunya mempengaruhi kinerja karyawan jika dilakukan di kantor dan mengurangi efektivitas kerja mereka.

3. Membuat gemuk
Jika Anda sedang berjuang untuk menurunkan berat badan karena terlalu banyak ngemil saat bekerja, sebaiknya segera matikan Facebook. Penelitian di University of Pittsburgh dan Keith Wilcox of Columbia University di New York menemukan bahwa orang yang menggunakan Facebook untuk berinteraksi dengan teman dekat dan keluarga memiliki kontrol diri yang rendah sehingga mereka akan lebih sering mengonsumsi makanan tak bergizi ketika membuka Facebook.

4. Facebook bisa digunakan untuk memata-matai Anda
Jika Anda adalah orang yang sangat menjaga privasi, sebaiknya berhenti menggunakan Facebook, bahkan semua jejaring sosial. Jejaring sosial bisa digunakan untuk melacak keberadaan Anda, bahkan seperti apa wajah Anda. Selain itu, dengan menggunakan Facebook atau jejaring sosial lain, Anda tentu ketahuan sedang tidak bekerja.

5. Alasan untuk tidak efektif bekerja
Kerjaan masih menumpuk, tapi apa yang pertama kali Anda lakukan? Membuka Facebook. Jika Anda melakukannya setiap hari, maka pekerjaan Anda tak akan pernah selesai dengan cepat. Lebih baik segera selesaikan pekerjaan Anda, baru membuka Facebook di saat luang. Membuka Facebook bisa menjadi penghalang untuk meraih kesuksesan Anda, atau setidaknya mengulur waktu bekerja, padahal pekerjaan bisa segera Anda tuntaskan.

Itulah beberapa alasan untuk tidak membuka Facebook ketika bekerja. Jadi, mulai sekarang jangan dekat-dekat dengan Facebook jika ingin pekerjaan Anda tetap lancar. Kecuali tentu saja, jika Anda bekerja di bidang sosial media. (merdeka/22/2/13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar